Kompetensi Dasar: I. Memahami dan menyadari dirinya diciptakan sebagai Citra Allah yang tumbuh dan berkembang bersama orang lain.
Materi: 1. Martabat luhur manusia sebagai citra Allah
2. Panggilan manusia sebagai citra Allah
Indikator:
Menjelaskan kata citra dalam Kitab Kejadian. |
Menjelaskan arti kata citra Allah dalam Kitab Kejadian. |
Menunjukkan kata gambar dan rupa dari kita kutipan Kitab Kejadian. |
Menjelaskan salah satu kemampuan akal budi manusia. |
Menjelaskan salah satu kemampuan akal budi manusia. |
Menjelaskan tugas manusia sebagai citra Allah. |
Menjelaskan salah satu tugas manusia sebagai laki-laki dan perempuan. |
Menjelaskan makna kata “berkuasa”. |
Menjelaskan tindakan berikut yang menunjukkan diri sebagai citra Allah. |
Menjelaskan kelebihan manusia sebagai citra Allah. |
Menjelaskan arti manusia diciptakan sebagai citra Allah. |
Menjelaskan arti manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling luhur. |
Membedakan manusia dengan ciptaan lain. |
Menyebutkan contoh tindakan yang dapat kamu lakukan sebagai citra Allah di dalam keluarga. |
Menyebutkan contoh tindakan yang dapat kamu lakukan sebagai citra Allah di dalam sekolah. |
Menjelaskan batas kekuasaan manusia. |
Menjelaskan alasan kekuasaan manusia terbatas. |
Menjelaskan arti manusia diciptakan sebagai citra Allah. |
Menjelaskan penyebab utama manusia bertindak sewenang-wenang terhadap ciptaan lain. |
Menjelaskan contoh tindakan manusia yang tidak menampakkan diri sebagai citra Allah. |
GRADE 8
Kompetensi Dasar: 1.1. Memahami makna sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus sebagai konsekuensi atas perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah, sehingga peserta didik berani meneladani perjuangan Yesus dalam hidup sehari-hari.
Materi: 1. Sengsara dan wafat Yesus.
Indikator:
Menjelaskan penderitaan manusia. |
Menjelaskan sikap Yesus dalam menerima tugas perutusan Bapa. |
Menjelaskan perjuangan Yesus menghadirkan Kerajaan Allah di tengah-tengah dunia menyebabkan Dia mengalami risiko yang bera. |
Menjelaskan kosekuensi Yesus dalam menerima tugas perutusan Bapa. |
Menyebutkan orang yang membantu Yesus dalam perjalanan memanggul salib ke Golgota. |
Menjelaskan makna kematian. |
Menjelaskan ketaatan Yesus. |
Menjelaskan makna penderita sengsara dan wafat Yesus di kayu salib demi menebus. |
Menjelaskan makna berdoa Yesus ketika menghadapi penderitaan. |
Menjelaskan sifat Yesus yang mengampuni. |
Menjelaskan pernyataan “penderitaan adalah awal keberhasilan”. |
Menjelaskan makna kesengsaraan Yesus. |
Menjelaskan sikap Yesus dalam menerima hukuman salib. |
Menjelaskan mengapa bagi orang Katolik penderitaan adalah awal dari kemuliaan. |
Menjelaskan mengapaYesus harus menderita sengsara dan wafat di salib. |
GRADE 9
Kompetensi Dasar: 1.1. Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua orang, yang perlu ditanggapi dengan beragama dan beriman.
Materi: 1. Allah berkehendak menyelamatkan semua orang.
Indikator:
Menjelaskan motivasi menolong orang lain. |
Memahami kepedulian Allah Bapa. |
Memahami bagaimana agar setiap orang bisa menjadi sarana keselamatan Allah Bapa. |
Memahami bagaimana Allah Bapa mewahyukan diri-Nya secara penuh. |
Memahami alasan Allah mengasihi manusia tanpa membeda-bedakan latar belakangnya. |
Memahami peran Yesus dalam karya penyelamatan Allah. |
Memahami bahwa Allah peduli terhadap manusia sebagai makhluk sosial. |
Memahami akibat dari kerusakan lingkungan alam. |
Memahami tindakan manusia yang tidak mencerminkan dirinya sebagai citra Allah. |
Memahami kelompok masyarakat Yahudi yang terlalu berpegang teguh pada aturan agamanya. |
Menjelaskan mengapa Allah menyelamatkan semua orang. |
Menyebutkan contoh kepedulian Allah melalui sesama. |
Menjelaskan maksud Yesus menjadi tanda agung kasih Allah yang menyelamatkan. |
Menyebutkan contoh tindakan Yesus yang menyelamatkan ketika Dia hidup di tengah-tengah bangsa Yahudi. |
Menjelaskan mengapa Yesus berpihak kepada orang kecil. |