Kompetensi Dasar: I. Memahami dan menyadari dirinya diciptakan sebagai Citra Allah yang tumbuh dan berkembang bersama orang lain.
Materi: 1. Martabat luhur manusia sebagai citra Allah
2. Panggilan manusia sebagai citra Allah
Indikator:
| Menjelaskan kata citra dalam Kitab Kejadian. |
| Menjelaskan arti kata citra Allah dalam Kitab Kejadian. |
| Menunjukkan kata gambar dan rupa dari kita kutipan Kitab Kejadian. |
| Menjelaskan salah satu kemampuan akal budi manusia. |
| Menjelaskan salah satu kemampuan akal budi manusia. |
| Menjelaskan tugas manusia sebagai citra Allah. |
| Menjelaskan salah satu tugas manusia sebagai laki-laki dan perempuan. |
| Menjelaskan makna kata “berkuasa”. |
| Menjelaskan tindakan berikut yang menunjukkan diri sebagai citra Allah. |
| Menjelaskan kelebihan manusia sebagai citra Allah. |
| Menjelaskan arti manusia diciptakan sebagai citra Allah. |
| Menjelaskan arti manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling luhur. |
| Membedakan manusia dengan ciptaan lain. |
| Menyebutkan contoh tindakan yang dapat kamu lakukan sebagai citra Allah di dalam keluarga. |
| Menyebutkan contoh tindakan yang dapat kamu lakukan sebagai citra Allah di dalam sekolah. |
| Menjelaskan batas kekuasaan manusia. |
| Menjelaskan alasan kekuasaan manusia terbatas. |
| Menjelaskan arti manusia diciptakan sebagai citra Allah. |
| Menjelaskan penyebab utama manusia bertindak sewenang-wenang terhadap ciptaan lain. |
| Menjelaskan contoh tindakan manusia yang tidak menampakkan diri sebagai citra Allah. |
GRADE 8
Kompetensi Dasar: 1.1. Memahami makna sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus sebagai konsekuensi atas perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah, sehingga peserta didik berani meneladani perjuangan Yesus dalam hidup sehari-hari.
Materi: 1. Sengsara dan wafat Yesus.
Indikator:
| Menjelaskan penderitaan manusia. |
| Menjelaskan sikap Yesus dalam menerima tugas perutusan Bapa. |
| Menjelaskan perjuangan Yesus menghadirkan Kerajaan Allah di tengah-tengah dunia menyebabkan Dia mengalami risiko yang bera. |
| Menjelaskan kosekuensi Yesus dalam menerima tugas perutusan Bapa. |
| Menyebutkan orang yang membantu Yesus dalam perjalanan memanggul salib ke Golgota. |
| Menjelaskan makna kematian. |
| Menjelaskan ketaatan Yesus. |
| Menjelaskan makna penderita sengsara dan wafat Yesus di kayu salib demi menebus. |
| Menjelaskan makna berdoa Yesus ketika menghadapi penderitaan. |
| Menjelaskan sifat Yesus yang mengampuni. |
| Menjelaskan pernyataan “penderitaan adalah awal keberhasilan”. |
| Menjelaskan makna kesengsaraan Yesus. |
| Menjelaskan sikap Yesus dalam menerima hukuman salib. |
| Menjelaskan mengapa bagi orang Katolik penderitaan adalah awal dari kemuliaan. |
| Menjelaskan mengapaYesus harus menderita sengsara dan wafat di salib. |
GRADE 9
Kompetensi Dasar: 1.1. Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua orang, yang perlu ditanggapi dengan beragama dan beriman.
Materi: 1. Allah berkehendak menyelamatkan semua orang.
Indikator:
| Menjelaskan motivasi menolong orang lain. |
| Memahami kepedulian Allah Bapa. |
| Memahami bagaimana agar setiap orang bisa menjadi sarana keselamatan Allah Bapa. |
| Memahami bagaimana Allah Bapa mewahyukan diri-Nya secara penuh. |
| Memahami alasan Allah mengasihi manusia tanpa membeda-bedakan latar belakangnya. |
| Memahami peran Yesus dalam karya penyelamatan Allah. |
| Memahami bahwa Allah peduli terhadap manusia sebagai makhluk sosial. |
| Memahami akibat dari kerusakan lingkungan alam. |
| Memahami tindakan manusia yang tidak mencerminkan dirinya sebagai citra Allah. |
| Memahami kelompok masyarakat Yahudi yang terlalu berpegang teguh pada aturan agamanya. |
| Menjelaskan mengapa Allah menyelamatkan semua orang. |
| Menyebutkan contoh kepedulian Allah melalui sesama. |
| Menjelaskan maksud Yesus menjadi tanda agung kasih Allah yang menyelamatkan. |
| Menyebutkan contoh tindakan Yesus yang menyelamatkan ketika Dia hidup di tengah-tengah bangsa Yahudi. |
| Menjelaskan mengapa Yesus berpihak kepada orang kecil. |